Tulisanku

Rabu, 12 Januari 2011

Drama karya William shakespeare

DRAMA A MIDSUMMER NIGHT’S DREAM KARYA WILLIAM SHAKESPEARE
A. Profil Dramawan
William Shakespeare adalah penyair, penulis naskah drama, sekaligus aktor dari Inggris yang diakui sebagai salah satu yang terbaik sepanjang sejarah umat manusia. William Shakepeare lahir di Stratford-upon-Avon, sebuah kota kecil yang terkenal dengan produksi malt-nya dan dibaptis pada tanggal 26 April 1564. Shakespeare adalah anak tertua dari Mary Arden, anak perempuan seorang tuan-tanah lokal. Sedangkan suaminya, John Shakespeare (1530-1601) adalah seorang pengrajin sarung tangan sekaligus pengusaha di bidang perkayuan. Pada tahun 1568 John Shakespeare terpilih sebagai walikota Stanford. Shakespeare diperkirakan memperoleh pendidikan di Stratford grammar School, dan mungkin ia menghabiskan periode 1580-1582 sebagai guru untuk Keluarga Katolik Roma Houghton di Lancashire. Pada usia 18 tahun, Shakespeare menikahi gadis setempat bernama Anne Hathaway (meninggal pada tahun 1623) yang berusia delapan tahun lebih tua. Anak pertamanya, Susannah, lahir dalam enam bulan, dan pada tahun 1585 si kembar Hamnet dan Judith lahir. Hamnet, satu-satunya anak lelaki Shakespeare, meninggal pada tahun 1596 pada usia 11 tahun.
Kebanyakan penulis biografi sepakat bahwa Shakespeare mungkin telah dididik di King's New School di Stratford, sewaan sekolah gratis pada tahun 1553, sekitar seperempat mil dari rumahnya.
Tidak diketahui pasti kapan Shakespeare mulai menulis, tapi sindiran kontemporer dan catatan pertunjukan menunjukkan bahwa beberapa drama-dramanya itu dipertunjukkan di London pada 1592. Penulis biografi mengatakan bahwa karirnya mungkin telah dimulai dari pertengahan 1580-an. Sejak 1594, karya Shakespeare itu dipertunjukkan hanya oleh Lord Chamberlain's Men, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh sekelompok pemain, termasuk Shakespeare, yang segera menjadi perusahaan terkemuka di London.
Catatan bahwa Shakespeare membeli properti dan investasi menunjukkan bahwa perusahaan membuatnya kaya. Pada tahun 1597, ia membeli rumah terbesar kedua di Stratford, New Place. Pada tahun 1709, Shakespeare memainkan hantu ayah Hamlet. Kemudian dia juga bermain sebagai Adam dalam As You Like It dan Koor di Henry V.
Shakespeare meninggal pada tanggal 23 April 1616 dengan meninggalkan seorang istri dan dua putri. Shakespeare dimakamkan di mimbar dari Gereja Tritunggal Mahakudus dua hari setelah kematiannya.
Pada saat Romeo and Juliet, Richard II, dan A Midsummer Night's Dream di pertengahan 1590-an, Shakespeare mulai menulis puisi. Karya Shakespeare telah membuat kesan mendalam dalam kehidupan teater dan sastra. Secara khusus, ia memperluas potensi karakterisasi dramatis, plot, bahasa, dan genre. Sampai Romeo dan Juliet, misalnya, asmara tidak dipandang sebagai topik yang layak untuk tragedi. Soliloquy telah digunakan terutama untuk menyampaikan informasi tentang karakter atau peristiwa, tetapi Shakespeare menggunakannya untuk mengeksplorasi karakter pikiran.
Semua anggota keluarga Shakespeare Katolik. Ibu Shakespeare, Mary Arden, pasti berasal dari keluarga Katolik yang saleh. Bukti yang paling kuat mungkin pernyataan iman Katolik yang ditandatangani oleh John Shakespeare, ditemukan tahun 1757 di kasau rumah mantan di Henley Street.
Beberapa karya Shakespeare, seperti Romeo dan Juliet, termasuk sebagai karya sastra paling terkenal di seluruh dunia. Menurut para numerologis, Shakespeare menulis Bible versi King James pada usia 46 tahun.
Saat Shakespeare berusia 15 tahun, seorang wanita dari desa tetangga tenggelam di Sungai Avon. Kematiannya diyakini disebabkan oleh kecelakaan, tapi mungkin pula kejadian itu merupakan suatu upaya bunuh diri. Hal ini kemudian diangkat oleh Shakespeare dalam Hamlet, dengan meninggalkan pertanyaan di akhir cerita tentang penyebab kematian Ophelia, apakah karena kecelakaan, atau karena bunuh diri. Hamlet dicetak pertama kali pada tahun 1603. Hamlet adalah karya drama terbesar Shakespeare.
1. Karya yang bertema komedi
a. All's Well That Ends Well
b. As You Like It As You Like It
c. The Comedy of Errors
d. Love's Labour's Lost
e. Measure for Measure
f. The Merchant of Venice
g. The Merry Wives of Windsor
h. A Midsummer Night's Dream
i. Much Ado About Nothing
j. Pericles, Prince of Tyre
k. The Taming of the Shrew
l. The Tempest
m. Twelfth Night
n. The Two Gentlemen of Verona
o. The Two Noble Kinsmen
p. The Winter's Tale
2. Karya yang bertema sejarah
a. King John
b. Richard II
c. Henry IV, bagian 1
d. Henry IV, bagian 2
e. Henry V Henry V
f. Henry VI, bagian 1 †
g. Henry VI, bagian 2
h. Henry VI, bagian 3
i. Richard III
j. Henry VIII
3. Karya yang bertema tragedi
a. Romeo and Juliet
b. Coriolanus
c. Titus Andronicus
d. Timon of Athens
e. Julius Caesar
f. Macbeth
g. Hamlet
h. Troilus and Cressida
i. King Lear
j. Othello
k. Antony and Cleopatra
l. Cymbeline
4. Puisi
a. Shakespeare's Sonnets
b. Venus and Adonis
c. The Rape of Lucrece
d. The Passionate Pilgrim [e]
e. The Phoenix and the Turtle
f. A Lover's Complaint
g. Lost plays
h. Love's Labour's Won
i. Cardenio
j. Apocrypha
k. Arden of Faversham
l. The Birth of Merlin
m. Locrine
n. The London Prodigal
o. The Puritan
p. The Second Maiden's Tragedy
q. Sir John Oldcastle
r. Thomas Lord Cromwell
s. A Yorkshire Tragedy
t. Edward III
u. Sir Thomas More
B. Sinopsis Naskah Drama
Hermia dan Lysander adalah pasangan yang saling mencintai. Namun, ada seorang pemuda yang juga mencintai Hermia, Demetrius namanya. Padahal, Demetrius telah dicintai Helena, seorang gadis yang juga merupakan sahabat Hermia. Menurut hukum Athena, seorang ayah dapat memutuskan putrinya menikah dengan siapa. Jika ia tidak taat, dia mungkin dihukum mati atau diperintahkan untuk mengabdi di sebuah biara selama sisa hidupnya. Ketika sadar ayahnya telah memilih Demetrius untuk menjadi calon suaminya, Hermia merencanakan kawin lari dengan Lysander untuk kabur ke tempat bibi Lysander yang telah menganggapnya sebagai anak.
Hermia menceritakan rencananya kepada Helena, yang sebelumnya telah ditolak cintanya oleh Demetrius. Kemudian Helena memberitahukan rencana tersebut kepada Demetrius. Ia beranggapan bahwa dengan melihat Hermia berdua dengan Lysander, Demetrius akan membencinya dan akan berpaling mencintai dirinya. Namun, dugaannya salah. Mendengar Hermia akan kabur dengan Lysander, Demetrius mengejar mereka ke hutan dan Helena mengikutinya.
Saat malam tiba, Lysander dan Hermia yang merasa aman setelah tiba di hutan, tertidur pulas. Demetrius dan Helena juga berada di hutan itu mencari Lysander dan Hermia. Demetrius merasa terganggu karena diikuti oleh Helena ke manapun ia pergi. Perlakuan kasar Demetrius terhadap Helena itu dilihat oleh Oberon, sang raja peri.
Oberon dan Titania berada di hutan di luar Athena. Titania ingin menghadiri pernikahan Theseus dan Hippolyta, yang merupakan raja Athena. Mereka bersitegang saat Titania menolak untuk menyerahkan seorang anak Indian kepadanya yang akan Oberon jadikan sebagai ksatria, karena ibu dari anak itu memuja Titania. Kesal, Oberon memerintahkan Puck untuk mengambil sejenis bunga ajaib yang bila dioleskan ke mata seseorang yang sedang tidur akan membuat orang itu jatuh cinta pada makhluk pertama yang dilihatnya saat membuka mata. Selain itu Oberon juga memerintahkan Puck untuk mencari Demetrius dan mengoles matanya dengan bunga itu agar jatuh cinta pada Helena.
Namun Puck membuat kesalahan dengan mengoleskan bunga itu ke mata Lysander. Ketika Lysander bangun, orang pertama yang ia lihat adalah Helena yang sedang tersesat di hutan. Lysander pun jatuh cinta pada Helena dan meninggalkan Hermia yang masih tertidur. Ketika Oberon melihat hal ini, ia memarahi Puck dan menyuruhnya untuk mencari Demetrius sekali lagi. Demetrius pun terkena pengaruh bunga itu dan jatuh cinta pada Helena.
Hermia yang ditinggalkan sendiri bangun dan mencari kekasihnya, Lysander. Ketika menemukan Lysander, ia ditolak mentah-mentah karena Lysander terkena sihir dan jatuh cinta pada Helena. Helena merasa curiga karena tiba-tiba dirayu oleh dua orang laki-laki, dan mengira bahwa ini adalah permainan Lysander, Demetrius, dan Hermia untuk memperolok-oloknya.
Kembali di desa, sekelompok orang dengan kelas sosial yang rendah merencanakan untuk mempertunjukkan drama sandiwara "Pyramus dan Thisbe" untuk memeriahkan pernikahan Theseus. Mereka berlatih di hutan, dekat tempat tinggal Titania. Puck melihat Nick Bottom yang akan memerankan Pyramus, mengutuknya hingga kepala Bottom berubah menjadi kepala keledai. Teman-temannya takut lalu kabur meninggalkannya sendiri. Bottom adalah orang pertama yang Titania lihat ketika ia bangun dari tidurnya. Maka ia pun jatuh cinta pada Bottom itu dan memanjakannya dengan semua peri-perinya.
Dengan pengaruh bunga itu, Titania dengan mudahnya memberikan bocah Indian itu pada Oberon. Karena keinginannya sudah tercapai, Oberon membebaskan Titania dari sihir dan menyuruh Puck untuk mengubah kepala keledai Bottom seperti semula. Dengan ini sihir pada Lysander pun hilang, namun Demetrius menjadi jatuh cinta pada Helena sekalipun sihir itu hilang.
Mengingat Demetrius tidak mencintai Hermia lagi, Theseus menyuruh Egeus untuk mengatur pernikahan bagi kedua pasangan itu. Hermia, Lysander, Demetrius dan Helena sepakat untuk menganggap apa yang terjadi semalam adalah mimpi karena terasa begitu tidak nyata. Setelah mereka keluar dari hutan, Bottom yang terbangun pun memutuskan untuk menganggap kejadian semalam adalah mimpi juga.
Di Athena, Theseus dan Hippolyta bersama kedua pasangan Hermia-Lysander dan Helena-Demetrius, menonton pertunjukkan "Pyramus dan Thisbe". Itu adalah pertunjukkan yang konyol dan jelek, namun menghibur mereka semua. Di akhir cerita, Oberon, Titania, Puck dan para peri lainnya memberkati rumah yang ditinggali ketiga pasangan itu dengan kecukupan dan keberuntungan.




BAB III
APRESIASI DRAMA A MIDSUMMER NIGHT’S DREAM
KARYA WILLIAM SHAKESPEARE
A. Apresiasi Tokoh dan Penokohan
- Hermia, wanita bangasawan dari Athena
- Lysander, kekasih Hermia
- Demetrius, seorang lelaki terhormat yang jatuh cinta pada Hermia
- Helena, sahabat karib Hermia yang jatuh cinta pada Demetrius
- Egeus, ayah Hermia
- Theseus, Raja Athena
- Hippolyta, calon Ratu Athena, istri Theseus
- Bottom, actor sandiwara dari kelas rendah
- Puck, pelayan Oberon
- Oberon, Raja para peri
- Titania, Ratu para peri
B. Apresiasi Alur dan Pengaluran
Alur utama Midsummer adalah lelucon yang kompleks yang melibatkan dua set pasangan (Hermia-Lysander dan Helena-Demetrius) yang romantis.
1. Ketidaksetujuan ayah Hermia dengan Lysander dan menjodohkannya dengan Demetrius.
2. Kaburnya Hermia dengan Lysander.
3. Penyusulan Hermia dengan Demetrius ke hutan.
4. Perlakuan kasar Demetrius kepada Helena dan dilihat Oberon.
5. Perebutan anak Indian antara Oberon dengan Titania.
6. Perintah Oberon kepada Puck untuk mengambil bunga ajaib.
7. Kesalahan Puck mengolesi bunga ajaib ke mata Lysander.
8. Jatuh cintanya Lysander pada Helena.
9. Perintah Oberon kepada Puck untuk mengolesi bunga ajaib kembali ke mata Demetrius.
10. Jatuh cintanya Demetrius kepada Helena.
11. Kejailan Puck mengubah kepala Bottom menjadi keledai.
12. Terbangunnya Titania dan melihat Bottom.
13. Jatuh cintanya Titania kepada Bottom.
14. Penyerahan anak Indian kepada Oberon.
15. Perintah Oberon untuk menghapus semua sihir.
16. Pernikahan Lysander-Hermia dan Demetrus-Helena.
C. Apresiasi Latar
Drama A Midsummer Night’s Dream terjadi di Yunani pada masa Athena kuno. Setting yang banyak tergambar dalam drama tersebut yaitu hutan di luar Athena. Selain itu, terdapat juga beberapa adegan yang terjadi di kerajaan Athena sendiri, yaitu ketika Raja Athena, Theseus, menggelar pesta pernikahannya dengan mengadakan pertunjukan “Pyramus dan Thisbe”.
D. Apresiasi Nilai-nilai dalam Drama
Dalam drama A Midsummer Night’s Dream terdapat nilai-nilai yang terkandung, yaitu:
1. Nilai sosial
Drama A Midsummer Night’s Dream mengandung nilai sosial, yaitu:
a. rasa kebersamaan atau toleransi dan keinginan untuk menciptakan kedamaian bersama.
b. jangan membeda-bedakan atau menilai seesorang dari status sosialnya, karena manusia itu sama di hadapan Tuhan.
c. jangan mengganggu hubungan orang lain karena tidak baik.
d. untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, jangan melakukannya dengan cara yang licik ayau dengan menyakiti orang lain.
2. Nilai budaya
Nilai budaya yang terkandung dalam drama ini, yaitu seorang anak harus mengikuti perintah menikah dengan laki-laki pilihan ayahnya. Jika tidak, ia akan menjadi biarawati atau dihukum mati.
3. Nilai agama
Drama ini seolah memberi amanat nilai agama, yaitu jangan melawan orang tua. Sebagai anak, harus mematuhi perintah orangtua. Tapi, untuk kawin lari itu tidak baik, walaupun demi membela cinta.
4. Nilai estetika
Nilai estetika yang terkandung dalam drama ini yaitu keindahan dan keunikan pengarang dalam mengungkapkan ceritanya. Ia menggunakan bahasa yang metaphor, yaitu menggunakan bahasa kiasan.
E. Kelebihan Drama
1. Drama A Midsummer Night’s Dream mempunyai kelebihan dibandingkan dengan drama lainnya. Dapat dilihat dari segi penyampaiannya, drama ini menggunakan bahasa yang membuat penonton atau pembaca menjadi terhibur dan tertarik untuk mengapresiasinya, karena terdapat bahasa-bahasa sastra yang menambah nilai kelebihannya.
2. Jika dipandang dari sisi keunikannya, drama ini bertema tentang kekuatan cinta. Jika tetap dipertahankan dan diperjuangkan, cinta akan menang melawan hambatan dan rintangan apa pun. Namun, keunikan drama ini tidak sebatas itu saja. Meskipun tema yang diangkat adalah tentang percintaan, namun drama ini dibubuhi dengan kelucuan dari para tokohnya.
3. Ketika Puck salah mengolesi bunga ajaib ke mata Demetrius dan jail dengan sengaja mengubah kepala Bottom menjadi keledai, membuat drama ini semakin hidup sehingga imajinasi kesan yang timbul dari pembaca/penonton adalah tema tentang kelucuan dan kejailan.

2 komentar:

  1. Follback Bro miraihensekai.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. kak ini yang apresiasi siapa ya...?buat kelengkapan tugas kak...terima kasih..

    BalasHapus